Search

Minggu, 24 Juni 2012

Jenis-Jenis Jaringan Komputer -

Apakah jaringan komputer itu - Secara sederhana komputer dapat di artikan sebagai sekumpulan beberapa komputer dan peralatan lain yang saling trhubung menggunakan aturan tertentu. Hubungan ini dapat terjadmenggunakan media fisik berupa kabel ataupun melalui gelobang radio. infrared bahkan satelit. setiap peralatan yang tersambung kejaringan di sebut node.

  • mungkin ini jenis-jenis jaringn komputer :
Di lihat dari ruang lingkup jangkauanya, jaringan komputer di bedakan menjadi :
  1. LAN (Lokal Area Network) Merupakan jenis jaringan yang terletak pada uatu lokasi dengan jangkauan dan area terbatas. Misalnya pada sebuah gedung.
  2. MAN (Metropolitan Area Network) Jenis ini merupakan pengembangan dari jaringan LAN yang memiliki jangkauan lebih luas tidak terbatas pada suatu gedung saja tetapi dapat menjangkau antar kota
  3. WAN (Wide Area Network) Jangkauanya mencangkup daerah yang lebih luas. Misalkna antar propinsi dan bisa di bilang antar negara bahkan benua

Sedangkan jika di lihat dari pengaksesan data jaringan kumputer di bagi menjadi :
  1. Client - server : Jenis jaringan ini terdapat pada komputer yang bertindk sebagai server dan komputer yang berperan sebagai client (workstation). Secara normal komputer server dapat mengontrol sepenuhnya komputer client.
  2. Peer To Peer : Merupakan jenis jaringan yang tidak memerlukan server secara khusus, karena komputer yang terhubung pada jaringan dapat bertindk sebagai server ataupun client. Contohnya hubungan komputer ke komputer lain.
Sekian Penjelasan dari saya tentang jenis-jenis komputer yang bisa kita lakungan dengan cara ruang lingkup dan pengaksesan data pada jaringn komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar